Jumat, 13 November 2009

Semangat Anak-Anak dalam Lomba Robot


DIDIKAN ROBOTA ROBOTICS SCHOOL SAMARINDA

Belajar membuat robot ternyata bermanfaat banyak sekali bagi anak, antara lain: mengenal teknologi sejak dini, merangsang motorik halus, membiasakan berfikir logis dan realistis, menumbuhkan kreatifitas dan sikap inovatif, dll. Karena itu, orang tua sudah sewaktunya memberi perhatian pada anak untuk mulai belajar robot yang telah menjadi tren terkini. Berkaitan dengan robot, tanggal 16 Agustus kemarin telah diselenggarakan Robotics Competition di Grand Mahakam. Sebuah lomba robot yang untuk pertama kali diselenggarakan di Samarinda.
Lomba dilaksanakan guna menyemarakkan rangkaian kegiatan yang bertema Grand Mahakan Ceria. Sepenuhnya, lomba robot didukung penuh Robota Robotics School Samarinda. Selain lomba robot, ada juga lomba mewarnai, lomba tumpeng, dan lomba sepeda hias.
Lomba robot terbagi dalam 4 kategori. Kategori-kategori tersebut antara lain: Basic Project, Electical Problem Solving, Program Solution, dan Maze Robot.



Ada sekurangnya 60 peserta ambil bagian untuk mengikuti lomba ini. Peserta adalah anak-anak mulai dari SD-SMA. Kesemuanya adalah siswa Robota Robotics School Samarinda. Peserta terbagi dalam beberapa tim, dimana tiap tim terdiri dari sedikitnya 2 anak.
Apresiasi dan motivasi peserta dalam lomba ini sangat tinggi. Hal itu terlihat dari geliat peserta yang begitu aktif merakit robot yang dipertandingkan. Apalagi didudung antusias para orang tua memberikan semangat kepada putra-putri mereka.Yang menarik dalam lomba ini terutama untuk kategori Maze Robot, dimana peserta ditantang untuk membuat program dan men-Download program ke dalam Interface robot. Selanjutnya menjalankan robot di atas Tracker sesuai dengan tantangan yang diberikan. Sedangkan dalam kategori Electical Problem Solving, peserta ditantang untuk menemukan rangkaian listrik Elevator/Lift. Kerjasama tim yang bagus begitu menentukan dalam lomba ini, dimana tiap anggota tim harus bisa saling mengisi untuk dapat menyelesaikan tantangan dengan baik, dan cepat.
Pemenang lomba diambil dari masing-masing kategori. Adapun nama-nama pemenang tiap kategori, antara lain: Basic Project (M. Ziddan Hutama Adi, Abid Priyazuhdi W., Haikal Ridho Sofanie, Juan Pragata B.A., Khefin Akbari RR), Electrical Problem Solving (Beryl Devianda, Alexander Tirta WHS), Program Solution (Fadrian Dwiputra Iswanto, James Tito Nicholas, Aldo), Maze Robot (Arlia Denisa Rahman, Anandias Satrya Putra, Nazzla).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar