Jumat, 13 November 2009

Ekskul Robotik Al-Azhar - Robota Robotics School Samarinda


KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROBOTIK DI SD DAN SMP AL AZHAR SYIFA BUDI SAMARINDA
Ekskul Robotik, Inovasi Terkini Sekolah Favorit


Suasana riuh terasa di ruang belajar SD AL Azhar Syifa Budi Samarinda. Beberapa siswa sedang asyik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotik. Mereka belajar dalam kerja tim yang terdiri dari 4 siswa untuk mewujudkan sebuah proyek robot. Dalam proses belajar, para siswa terlihat sangat menikmati karena mereka berada dalam suasana belajar sambil bermain. Dengan dipandu oleh instruktur, para siswa akhirnya menyelesaikan proyek dengan baik. Tak hanya asal merakit, mereka ternyata juga diminta mempresentasikan robot yang telah mereka bikin.
Demikian juga siswa SMP, mereka sedang membuat program robot dengan menggunakan program komputer Robo Pro yang kemudian diaplikasikan dalam interface robot. Para siswa ini sejatinya sedang mendalami Automation Technology dengan salah satu proyek yang sedang mereka selesaikan yaitu Handdryer. Sebuah alat otomatis untuk mengeringkan tangan yang sering kita jumpai di restaurant. Instruktur memberikan tantangan system kerja sebuah robot yang kemudian siswa memecahkan tantangan tersebut dalam bentuk program. Tak jarang anak-anak dalam satu tim terlihat saling berdiskusi untuk memecahkan tantangan yang diberikan. Mereka adalah programmer-programer muda layaknya mahasiswa ITS, ITB dan beberapa Universitas yang sering menjuarai ajang lomba robotik tingkat internasional.
Ternyata kegiatan ekstrakurikuler robotik di SD dan SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda ini sudah berjalan terhitung sejak tahun ajaran ini. Siswa secara rutin belajar robot setiap hari Selasa selepas pulang sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler ini sebenarnya adalah hasil kerjasama antara SD dan SMP Al Azhar Syifa Budi dengan Robota Robotics School Samarinda. Satu-satunya sekolah robot yang ada di Samarinda yang beralamat di Jl. Siradj Salman, Ruko Grand Mahakam C-5.
Robotik belakangan ini telah menjadi gaya hidup baru di kalangan anak-anak di Kota Samarinda. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya anak mulai dari SD sampai SMA yang belajar robot di Robota Robotics School Samarinda. Mereka memang sudah saatnya mengenal teknologi sejak dini agar tidak gagap teknologi. Layaknya di Negara-negara maju seperti: Jerman, Amerika dan Jepang, anak-anak di usia yang masih tergolong belia, mereka sudah mampu berinteraksi secara baik dengan teknologi, terutama teknologi robotik. Bahkan di Korea, bidang ilmu ini sudah diwajibkan pemerintah untuk dipelajari di sekolah dasar.
Sejauh ini, perkembangan ilmu robotik di Indonesia baru dipelajari di tingkat perguruan tinggi. Di pendidikan dasar, baru diselenggarakan oleh sekolah swasta. Langkah inovatif dengan menjadikan robotik sebagai ekstrakurikuler saat ini sudah ditempuh oleh beberapa sekolah favorit di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Solo. Anak didik mereka sering mengikuti ajang kompetisi robotik tingkat nasional, regional, bahkan internasional. Sudah pasti, sekolah yang menyelenggarakan ekstrakurikuler robotic memiliki nilai lebih di mata orang tua siswa, sekolah-sekolah konvensional bahkan masyarakat secara luas. Tentu, terobosan SD dan SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda dengan menyelenggarakan ekstrakurikuler robotik perlu diikuti oleh sekolah-sekolah lain terutama sekolah-sekolah favorit yang ada di Samarinda. Robota Robotics School Samarinda masih membuka lebar kesempatan kerja sama kegiatan ekrakurikuler robotik dengan sekolah-sekolah yang lain.
Bahkan dalam waktu dekat, Robota Robotics School Samarinda akan membuka kelas robotik untuk PG/TK. Tentu ini adalah kesempatan bagus untuk memberikan pendidikan terbaik bagi buah hati kita dengan memperkenalkan teknologi sejak dini. Pengenalan robotik sejak masa kanak-kanak mampu meningkatkan motorik, melatih kerjasama team serta mengasah logika, dalam suasana belajar yang menyenangkan.
Robota Robotics School beberapa waktu lalu juga telah menjadi peserta dalam GRAMEDIA EXPO FAIR yang diselenggarakan di Gor Segiri. Apresiasi masyarakat terhadap robot yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut sangat bagus. Hal itu dapat dilihat dari antuasias pengunjung yang memenuhi stan Robota Robotics School Samarinda. Untuk mendapat informasi yang lebih jelas mengenai Robota Robotics School Samarinda, dapat mengunjungi komplek Ruko Grand Mahakam C-5, Jl. Siradj Salman. Contact person Ine (0541) 7769464, buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 Wita.

2 komentar:

  1. selamat dan sukses selalu untuk robota samarinda

    BalasHapus
  2. apakah program nya masih berjalan? banyak anak didik saya (les privat) berminat untuk belajar robotik

    BalasHapus